Lehong, KominfoMatim - Tahun ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Borong genap berusia empat tahun. Berbagai upaya pembenahan terus ditempuh guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bersama moto Melayani dengan Senyum, dilakukan penambahan ruangan, meningkatkan sumber daya tenaga kesehatan, menghadirkan dokter spesialis serta peningkatan sarana pendukung dalam ruang perawatan.
Pada perayaan ulang tahun ke-IV tahun ini di Lehong, Selasa, 30 Juli 2024, Direktur RSUD Borong, Dokter Kresensia Nensy menyampaikan komitmennya.
"Kalau tahun ini kami bertumbuh, harapannya tahun depan kami sudah menaikkan status rumah sakit, kami sudah bisa mandiri," ungkapnya.
Dengan menaikkan statusnya menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) lembaga ini akan mandiri dalam pengelolaan keuangan dan mengurangi beban keuangan daerah. Mimpinya pada suatu saat RSUD Borong menjadi rumah sakit unggul. Untuk mencapainya lembaga ini harus sudah menyediakan layanan kanker, jantung, stroke, urologi dan kesehatan ibu anak secara lengkap. Kelengkapan tersebut merupakan program pemerintah pusat yang harus dipenuhi.
"Harapannya dalam lima tahun kedepan, kami sudah bisa memenuhi semua layanan itu," sambung Dokter Nensy.
Ketersediaan tenaga kesehatan yang memadai menjadi salah satu syarat mutlak guna meningkatkan pelayanan. Saat ini RSUD Borong didukung oleh enam dokter umum, tujuh orang dokter spesialis serta 372 personil perawat dan bidan.
Dokter spesialis yang ada yakni spesialis bedah, penyakit dalam, spesialis anak, spesialis obgin, patologi klinik, neurologi dan spesialis radiologi.
Ditambahkan Dokter Nensy, perayaan ulang tahun ini menjadi salah satu momen untuk berbenah diri, meningkatkan kesadaran akan tugas pelayanan. Beberapa kegiatan dalam memeriahkan peringatan ini yakni peningkatan karakter pelayanan dengan mendatangkan konsultan psikologi, lomba taman, lomba tarian cuci tangan, lomba video promosi pelayanan dan pemilihan duta rumah sakit.
Tujuannya untuk mengungkit kesadaran terhadap pelayanan dan berdampak pada perubahan prilaku sehingga bisa lebih baik lagi dan memuaskan masyarakat.
"Karena itu merupakan tanggungjawab besar kami sebagai pemberi pelayanan kepada masyarakat, kepada publik," lanjutnya.
Pada kesempatan ini beliau juga menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan dalam pelayanan.
"Seperti bayi, kami masih belajar, tetapi kami punya niat baik untuk berubah ke arah yang lebih baik dan semakin mandiri dalam pelayanan kami," sambungnya.
Dokter Nensy juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang dengan caranya masing-masing telah berkontribusi terhadap berdirinya RSUD Borong.